«

»

Gubernur Sumbar luncurkan nagari mandiri pangan

15 Maret 2018

Simpang Empat, Sumbar, 15/3 (Antara) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno meluncurkan Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebagai Nagari Mandiri Pangan 2017-2021 di Desa Baru, Kamis (15/3).

Gunernur Sumbar, Irwan Prayitno pihaknya selalu memprioritaskan pembangunan di daerah tertinggal, terpinggir dan daerah perbatasan menjadi prioritas.

Begitu juga pembangunan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di daerah yang dimulai dari pedesaan atau nagari.

Menurutnya program itu tentunya juga menjadi prioritas Pemprov Sumbar yang salah satunya menetapkan Nagari Desa Baru sebagai nagari mandiri pangan.

Ia menilai Nagari Desa Baru yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara ini kedepannya harus dioptimalkan.

Upaya yang dilakukan adalah pertama, meningkatkan kemampuan memproduksi pangan secara mandiri. Kedua, menyediakan pangan yang beraneka ragam dan memenuhi persyaratan keamanan mutu gizi.

Ketiga, meningkatkan dan mempermudah akses pangan bagi masyarakat dengan harga yang wajar dan terjangkau. Keempat, meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan di pasar dalam negeri dan luar negeri.

Kelima, meningkatkan kesejahteraan bagi petani nelayan dan pelaku usaha pangan di Sumbar.

“Dengan adanya nagari pangan ini maka berbagai program akan dilaksanakan dari banyak dinas baik Dinas Pertanian, peternakan, kesehatan dan lainnya,”ujarnya.

Ia meminta kepada para OPD Pemprov Sumbar agar menyiapkan sarana prasarana di Nagari Desa Baru. Selain itu juga meningkatkan koordinasi dengan OPD Pasaman Barat dan instansi terkait lainnya.

Ia juga mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman sayur mayur, ternak dam buah.

“Jika masyarakat mampu memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan berbagai macam tanaman maka akan mengurangi pengeluaran karena kebutuhan rumah tangga akan teratasi,” katanya.

Gubernur Sumbar juga memuji langkah Bupati Pasaman Barat, Syahiran melaksanakan berbagai program pembangunan dalam rangka upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang telah meresmikan Nagari Desa Baru sebagai Nagari Mandiri pangan.

“Potensi Desa Baru sangat baik dikembangkan sebagai nagari pangan. Masyarakatnya kompak dan suka bergotong royong. Mudah-mudahan kedepannya lebih maju dengan ditunjuknya Desa Baru sebagai Nagari Mandiri Pangan,” katanya.

Ia menekankan pentingnya pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam berbagai macam tanaman. Dengan adanya tanaman itu maka akan mengurangi pengeluaran rumah tangga dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno pada kesempatan itu mengatakan manjaga ketahanan pangan sangat penting dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kemandirian pangan merpakan kebutuhan hidup yang penting, meningkatkan gizi keluarga dan pendapatan keluarga. Jika mampu memanfaatkan pekarangan sebagai sumber langan lokal yang aman maka ibu rumah tangga tidak perlu membeli bahan kepasar lagi,” katanya.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, Ketua TP PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran dan Kepala Dinas Pangan, Sukarli langsung meninjau lokasi pekarangan rumah warga yang ditanami sayur mayur dan buah.

Luncurkan Nagari Pangan itu juga dihadiri, Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto, Sekkab Pasaman Barat, Manus Handri, Forkominda, Ketua TP PKK Pasaman Barat, Ny. Yunisra Syahiran, anggota DPRD Provinsi Sumbar dan Pasaman Barat, jajaran OPD Pemprov Sumbar dan OPD Pasaman Barat serta Camat dan Walinagari se-Pasaman Barat.

sumbar.antaranews.com, 15 Maret 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>