«

»

Pada Tong Tong Festival Belanda : Gubernur Tawarkan Peluang Investasi di Sumbar

29 Mai 2017

BERSAMA DUBES – Gubernur Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno bersama Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda Y.M. I Gusti Agung Wesaka Puja.

Padang, Singgalang

Sumatera Barat mendapatkan kesempatan untuk promosi pariwisata dan tampil di Tong Tong Fair (TTF), Belanda (25/5). Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno juga berkesempatan mempromosikan potensi investasi di Sumbar.

Peluang investasi dibuka pada pengusaha Belanda dan Polandia. Sektor yang ditawarkan sama, yakni pengelolaan pembangkit listrik geothermal dan pariwisata.

Tong Tong Fair (TTF) adalah festival tahunan terbesar di Eropa untuk mempromosikan budaya dan produk dari Indonesia. Festival Tong Tong (sebelumnya dikenal sebagai Pasar Malam Besar) adalah festival terbesar di dunia untuk budaya Eropa-Indonesia, diadakan setiap tahun di Belanda. Tahun 2009 namanya diubah menjadi ‘Tong Tong Fair’.

Dalam pertemuan dengan pengusaha di Belanda, Gubernur Sumbar memaparkan langsung kepada peserta. Irwan Prayitno menjelaskan berbagai potensi investasi, seperti pengembangan kawasan wisata Mandeh. Termasuk potensi energi geothermal dan hidro serta insentif-insentif berinvestasi di Sumbar.

Delegasi Sumbar juga menjadi tamu kehormatan bagi Kerajaan Belanda. Sumbar diberi kesempatan memperkenalkan dan mempromosikan wisata dan budaya Minangkabau pada festival yang melibatkan banyak negara-negara di Eropa.

Dalam kesempatan itu, dua perusahaan asal Polandia, TOMO Group dan URSUS mempresentasikan berbagai tawaran untuk dapat dikembangkan di Sumatera Barat.

Tomo Group berminat untuk investasi dan menawarkan berbagai peluang serta strategi pengembangan renewable energy seperti di bidang PLTM/PLTMH, PLTA, juga pengolahan limbah di Sumbar.

Sementara Ryszard Ciurus dari URSUS tertarik untuk kerjasama di bidang modernisasi Alsintan di Sumbar. Hal ini dimungkinkan, karena 60 persen penduduk Sumbar bergerak di bidang pertanian.

“Sekarang bagaimana kita mempromosikan berbagai peluang investasi bagi pengusaha, apa yang bisa kita kerjasamakan. Karena kita banyak potensi yang belum tergarap maksimal,” sebut Irwan.

Tong Tong Festival

Tong Tong Festival 2017 dibuka secara resmi oleh Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda Y.M. I Gusti Agung Wesaka Puja.

Dalam acara pembukaan yg berlangsung terbatas ini, Sumatera Barat diberikan penghormatan menampilkan beberapa tarian yang mengundang decak kagum para penonton acara pembukaan tersebut.

Penampilkan beberapa tarian yang mengundang decak kagum para penonton Tong Tong Fair 2017

“Saya sangat mengapresiasi UMKM yang hadir pada Tong Tong Fair tahun 2017 ini. Alhamdulillah, produk UMKM yang berasal dari Sumbar diserbu pengunjung dan laris manis,” ujar Irwan.

Leni, salah seorang pelaku UMKM dari Balai Gurah Biaro Agam sudah lima kali mengikuti Tong Tong Fair. Hasilnya sangat menguntungkan bagi usahanya.

Ke depan, Pemprov akan terus mendorong pelaku UMKM untuk berinovasi dalam berproduksi. Karena, kunci keberhasilan Leni menembus Eropa adalah kualitas produk yang dihasilkan dan packaging-nya sebagai media branding produknya.

Tidak hanya itu, Gubernur Irwan Prayitno dalam Forum Bisnis dan Investasi Bidang Pariwisata, Energi dan Perikanan juga menjajaki beberapa peluang kerjasama.

Forum dimaksudkan untuk menjajaki beberapa peluang kerjasama antara  pengusaha Belanda dan Sumatera Barat itu diikuti delegasi Sumatera Barat.

Ikut dalam rombongan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno beserta Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar, Ny. NEvi Irwan Prayitno beserta Bupati Agam, Bupati Sijunjung, Bupati Solok Selatan, Kadis BKPMP, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kepala Biro Humas dan beberapa orang staf KBRI di Polandia dan beberapa pengrajin yang dibawa langsung dari Sumatera Barat.

Singgalang, 29 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>